Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI CURUP

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI CURUP

JL. Basuki Rahmat, No 15 Curup. Telp (0732) 21481, 21209. Fax (0732) 21481

Email: pn_curup@yahoo.co.id

Komunikasi Data NasionalSistem Informasi KepegawaianWebsite Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik IndonesiaSIPP/CTS PN CurupWebsite Sistem Informasi Pengawasan


Logo Artikel

PENDAFTARAN PERKARA PERDATA

Pendaftaran Perkara Perdata

 

PELAKSANAAN PENDAFTARAN TINGKAT PERTAMA

1. Penggugat atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan gugatan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri setempat di Meja 1 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :

a. Surat Permohonan / Gugatan ;

b. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat);

2. Gugatan dan Surat Kuasa Asli harus mendapat persetujuan dari Ketua Pengadilan Negeri Setempat;

3. Setelah mendapat persetujuan, maka Penggugat / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;

4. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 2 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.

5. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Gugatan dari Meja 2.

6. Menunggu Surat Panggilan sidang dari Pengadilan Negeri Setempat yang disampaikan oleh Juru Sita Pengganti.

7. Menghadiri Sidang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 

PELAKSANAAN PENDAFTARAN TINGKAT BANDING

1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri setempat di Meja 3 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi : • Surat Permohonan Banding; • Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat); • Memori Banding

2. Pemohon / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;

3. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 3 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.

4. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.

5. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.

6. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Banding dan salinan Kontra Memori Banding.

7. Menunggu kutipan putusan dari Pengadilan Tinggi yang akan disampikan oleh Juru Sita Pengganti.

 

PELAKSANAAN PENDAFTARAN TINGKAT KASASI

1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri Setempat di Meja 3 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi : • Surat Permohonan Kasasi; • Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat); • Memori Kasasi

2. Pemohon / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;

3. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 3 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.

4. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.

5. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.

6. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Kasasi dan salinan Kontra Memori Kasasi.

7. Menunggu kutipan putusan dari Mahkamah Agung yang akan disampaikan oleh Juru Sita Pengganti.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas