Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI CURUP

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI CURUP

JL. Basuki Rahmat, No 15 Curup. Telp (0732) 21481, 21209. Fax (0732) 21481

Email: pn_curup@yahoo.co.id

Website Sistem Informasi PengawasanInformasi Perkara Lalu-LintasSIPP/CTS PN Curup e - Court Surat Keterangan Elektronik (Eraterang)


Logo Artikel

284 PELATIHAN HAKIM JURU BICARA PENGADILAN PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020

Berita Pengadilan Negeri Curup

Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan mengadakan Pelatihan Bersertifikasi bagi para Hakim Juru Bicara Pengadilan se-Indonesia yang dimulai dari tanggal 10 – 14 Maret 2020, bertempat di kampus Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, Mega Mendung-Bogor.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 180 orang Hakim Juru Bicara Pengadilan se-Indonesia dari 4 (empat) Peradilan yakni Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer, yang terdiri dari 25 orang Hakim Juru Bicara Pengadilan Tingkat Banding, dan 155 orang Hakim Juru Bicara Pengadilan Tingkat Pertama.

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, untuk melakukan ujian sertifikasi para Hakim Juru Bicara tersebut. Adapun materi yang disampaikan berkaitan dengan kehumasan/public relations, diantaranya materi Kompetensi Jubir sebagai Sumber Informasi, Public Relations and Publicity, Digital Public Relations, PR Event, Media Handeling, dan materi lainnya.

Pelatihan dan Sertifikasi ini sangat penting bagi Hakim Juru Bicara Pengadilan, karena Hakim Juru Bicara Pengadilan sebagai spokperson merupakan pintu muka informasi bagi Lembaga Pengadilan yang bisa membangun citra positif Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya. Oleh karena itu Pengadilan Negeri Curup mengirimkan Hakim Juru Bicaranya yaitu Bapak Riswan herafiansyah, S.H., M.H untuk mengikuti Pelatihan tersebut.

Menurut Kabid Penyelenggara Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan R. Yustiar Nugroho, S.H., M.H., M.M., tujuan penyelenggaraan kegiatan workshop adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam bidang pengelolaan informasi dan pesan yang akan disampaikan ke publik. Meningkatkan pengetahuan peserta dalam menjalin sinergi dan keakraban dengan rekan media sehingga dapat mengontrol informasi yang akan disampaikan ke publik.

Meningkatkan kebutuhan publik dalam mengakses informasi terkini melalui perkembangan teknologi komunikasi, merupakan strategi yang patut dimanfaatkan oleh MA dalam mempublikasikan kinerja dan citra positif Pengadilan.

Peran juru bicara dalam menyampaikan informasi, menjadi penting saat mendistribusikan pesan kepada publik. Pemahaman ini mendorong MA menyelenggarakan kegiatan yang dapat membentuk Hakim Juru Bicara Pengadilan sebagai sosok yang cakap dalam berkomunikasi, kreatif dalam mengemas pesan, dan mampu menjalin sinergi kerja dengan para awak media.

Selain itu menurut beliau, sasaran dalam kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Hakim Juru Bicara Pengadilan yang memiliki kompetensi bidang komunikasi dalam menjalin sinergi dengan rekan media, dalam pengelolaan informasi kepada publik. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berbentuk ceramah, pendalaman materi dan diskusi. Sementara untuk evaluasi kepada peserta, dilakukan melalui ujian sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LSPR.

 Pelatihan hakim Juru Bicara

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas