Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI CURUP

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI CURUP

JL. Basuki Rahmat, No 15 Curup. Telp (0732) 21481, 21209. Fax (0732) 21481

Email: pn_curup@yahoo.co.id

Komunikasi Data NasionalSistem Informasi KepegawaianWebsite Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik IndonesiaSIPP/CTS PN CurupWebsite Sistem Informasi Pengawasan


Logo Artikel

SEJARAH

Sejarah

SEJARAH PENGADILAN NEGERI CURUP

 

FOTO GEDUNG2

 

Sebelum terbentuknya Pengadilan Negeri Curup, wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Rejang Lebong termasuk daerah hukum Pengadilan Negeri Bengkulu. Pengadilan Negeri Curup terbentuk pada bulan Oktober 1964 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI dengan daerah Hukum pada awalnya hanya meliputi wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Rejang Lebong. Yang pada waktu itu Rejang Lebong masih terdiri dari 3 (tiga) kabupaten, yaitu :

  • Kabupaten Rejang Lebong,
  • Kabupaten Lebong,
  • Kabupaten Kepahiang

Saat itu Rejang Lebong meliputi Lebong, Kepahiang, dan Rejang Lebong itu sendiri. Namun saat ini, Pengadilan Negeri Curup hanya meliputi Kabupaten Rejang lebong saja, karena Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kepahiang telah memiliki Pengadilan Negeri sendiri, yaitu Pengadilan Negeri Kepahiang untuk Kabupaten Kepahiang dan Pengadilan Negeri Tubei untuk Kabupaten Lebong. Sehingga, untuk zitting plaatzen Pengadilan Negeri Curup saat ini hanya ada di Padang Ulak Tanding (Kecamatan Padang Ulak Tanding) yang  berjarak 42 Km dari Curup.

Gedung Pengadilan Negeri Curup, terletak di jalan Basuki Rahmat No. 15 Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong telepon 0732 – 21209, 21481 dan Fax 0732 – 21481, yang berdiri diatas tanah dan bangunan seluas 4000 m2. Gedung Pengadilan Negeri Curup di bangun pada tahun 1970 dan diresmikan pemakaiannya pada tahun 1971. Pembangunan gedung pada saat itu dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu :

  • Tahap pertama 75 % dibangun dengan biaya sebesar Rp. 19.052.000,- dan selesai dibangun dalam bulan Januari 1971 dan
  • Tahap kedua 25 % dibangun dengan biaya sebesar Rp. 4.868.000,- dan selesai dibangun dalam bulan Agustus 1971.

Gedung bagian depan yang terdiri dari 2 lantai : lantai 1 dibangun tahun 2002, dan lantai 2 dibangun tahun 2004 – 2005 bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, dan baru diresmikan pemakaiannya pada tanggal 31 Januari 2005 oleh Bapak Ketua Mahkamah Agung RI Prof. DR. H. Bagir Manan, SH, MCL. Gedung belakang juga terdiri dari 2 (dua) lantai yang di bangun tahun 2006 – 2007 dan pembangunan fisiknya telah selesai dilaksanakan. Sampai saat ini sudah difungsikan dengan baik.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas